Minggu, 05 Juli 2020

PEMERINTAHAN & POLITIK LOKAL DI INDONESIA


“Kebiasan-kebiasaan lokal yang telah berubah yang berhubungan dengan pemerintahan dan politik lokal”
Berhubungan dengan pemerintahan dan politik lokal, Saya melihat adanya perubahan pada dinamika sosial di lingkungan tempat tinggal saya yaitu Desa Eran Batu. Dalam hal ini perubahan yang terjadi dapat dilihat pada saat menjelang pemilukada. Kepercayaan masyarakat terhadap salah satu keluarga yang dianggap sebagai sosok yang dituakan didalam kampung menjadi kekuatan besar pada saat pilkada sehingga dengan senang hati masyarakat akan memilih anggota keluarga yang terdaftar sebagai colon, baik yang mencalon sebgai Kepala Desa maupun Bupati atau Caleg.
Namun seiring berjalannya waktu dinamika-dinamika kekelurgaan ini mulai memudar. Saat ini sudah mulai banyak anggota masyarakat yang berfikir lebih jauh lagi daripada hanya berdasar pada asas kekeluargaan saja. Bahkan masyarakat sudah respon terhadap calon-calon legislatif ataupun calon kepala daerah dari luar yang menurut mereka akan lebih banyak menguntungkan. Contohnya ketika ada calon legislatif dari luar yang memberikan bantuan dana pada kelompok tertentu dalam masyarakat maka setiap anggota pada kelompok tersebut akan memilih calon yang memberikan bantuan yang paling besar. Kasus-kasus seperti ini dahulunya tidak terjadi jangankan memilih calon dari luar bahkan calon dari luar sendiri yang enggan untuk masuk ke desa ini karena mereka sudah tau bahwa kepercayaan masyarakat terhadap keluarga sang calon yang ada didesa ini sangat kuat yang menyebabkan masyarakat tidak terlalu merespon calon dari luar. Namun, saat in kenyataan bahwa masyarakat menginginkan sesuatu hal yang berbeda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PETUAH

"Tidak lama kok. Yah, mungkin hanya beberapa hari saja setelah itu kamu bisa kembali melakukan lagi hal hal yang menjadi bagian dari hi...